Musuh Apple pun Ikut Berduka

Bookmark and Share
JAKARTA, FAJAR -- Duka menghampiri jagat teknologi informasi ketika mantan CEO Apple Inc Steve Jobs berpulang. Pesaing pun larut berbela sungkawa.

MENJADI perusahaan teknologi paling gemilang, Apple di kelilingi pesaing. Mereka kerap saling gugat di ranah bisnis. Tapi, kepergian Steve Jobs membuat para rival berduka. Mereka sepakat kepergian Jobs adalah kehilangan besar bagi dunia teknologi.

Samsung yang sedang bersaing sengit di ranah hukum, tak lupa memuji jasa Jobs. Melalui Wall Street Journal, Kamis 6 Oktober, pihak Samsung melalui Chief Executive, Choi Gee-sung menyatakan, Chairman Steve Jobs memperkenalkan sejumlah perubahan revolusioner untuk industri teknologi informasi dan adalah seorang entrepreneur besar. Semangat inovatifnya dan pencapaiannya yang hebat akan selamanya dikenang oleh masyarakat di seluruh dunia.

Lenovo melalui Chief Executive, Yuanqing Yang menegaskan, dunia kehilangan salah satu inovator dan pioner terbesar dengan wafatnya Steve Jobs. Meski kami akan merasakan kehilangan yang sangat besar, saya yakin industri ini akan mengambil ilmu yang diajarkan Steve pada kami mengenai inovasi".

Sony tak ketinggalan. "Zaman digital telah kehilangan cahaya pemimpinnya, namun inovasi dan kreatifitas Steve akan menginspirasi para pemimpi dan pemikir dari generasi ke generasi," tegas Chief Executive, Howard Stringer.

Acer juga mengakui, Steve Jobs adalah orang dengan visi, inovasi dan kepemimpinan besar dan memiliki pengaruh besar bagi industri ICT dalam 10 tahun terakhir.

RIM (Research in Motion) melalui co chiefs RIM, Mike Lazaridis & Jim Balsillie, memastikan Steve Jobs adalah visioner besar dan kompetitor yang dihormati. "Duka mendalam kami sampaikan untuk keluarganya dan seluruh karyawan Apple," kata mereka.

Bahkan, CEO Facebook, Mark Zuckerberg tak luput dengan sedihnya ditinggal Steve. "Steve, terimakasih telah menjadi pembimbing sekaligus teman. Terimakasih telah menunjukkan bahwa apa yang kau bangun mampu mengubah dunia. Saya akan merindukanmu."

Ucapan belasungkawa yang diposting melalui status Facebook itu lalu direspons ribuan orang yang turut berduka. Kalimat-kalimat inspiratif yang pernah diucapkan Jobs semasa hidupnya pun menghiasi status sebagian Facebooker sebagai tanda penghormatan terakhir pada sosok kharismatik di balik kesuksesan Apple tersebut.

Di ranah Twitter, lima topik yang berkaitan dengan tutup usianya Jobs menghiasi trending topic. #RIP Steve Jobs, #ThankYouSteve, #iSad, STAY HUNGRY dan Apple II menjadi topik yang mengenang kepergian Jobs.

Tak ketinggalan, Google pun mempersembahkan penghormatan terakhirnya. Di halaman pencarian Google, di bawah kotak pencarian tertera tulisan "Steve Jobs, 1955-2011." Saat diklik, tulisan ini adalah link yang mengarahkan pengguna ke situs Apple. Sebagai bentuk rasa duka yang mendalam, situs Apple memajang foto Steve Jobs yang berefek hitam putih. Selamat jalan Steve Jobs. (*/ysd)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar